Rabu, 19 Desember 2012

Sejarah Lahirnya Satria


Sejarah Terbentuknya Suzuki Satria FU 150 apakah anda pecinta motor bebek sport? Selayaknya anda tahu cerita tentang asal usul motor bebek paling "Sakti" saat ini. Tak lain dan tak bukan ada lah Suzuki Satria FU 150. Mari kita walai sedikit tentang Suzuki Satria FU 150, bebek "sakti" ini adalah motor sport moped keluaran Suzuki. Satria FU 150 bisa dibilang motor paling laku di Indonesia saat ini. Lalu bagai mana kisah latar belakangnya diciptakannya sang Hyper Underbone ini?

Nenek moyangnya Suzuki Satria FU 150:





Suzuki RC100 merupakan generasi kedua Suzuki RC yang beredar di Indonesia dan basis awal terbentuknya Satria FU. Seiring dengan regenerasi yang dilakukan oleh Yamaha dengan mengeluarkan seri V100E (Yamaha Alfa), Suzuki pun merilis type RC100. Sesuai namanya, kapasitas motor dua tak ini adalah 100cc (atau 99cc tepatnya) dengan menggunakan basis mesinyang sama dengan RC80. Motor jenis RC100 ini mengawali era “perang dingin” antara Suzuki bebek dan Yamaha bebek di Sirkuit Balap Ancol.

Pada tahun 1988, Suzuki memproduksi RC100 Sprinter yang merupakan bebek bertipe ayam jago pertama di Indonesia. Perbaikan suspensi depan ni sangat mendongkrak karir Suzuki RC di dunia balap. Pada era itu Suzuki RC100 (Sprinter) mampu bersaing melawan Yamaha Alfa (berkapasitas 102cc), dan boleh dibilang hasil akhirnya adalah imbang.

Namun demikian, pada era pasar senggol (selepas Sirkuit Ancol ditutup pada tahun 1992) kedua motor tersebut jarang sekali bertemu di arena balap di Jakarta (mungkin hanya pada acara Road Race yang diselenggarakan oleh Santana). Hal tersebut diakibatkan karena tiap pabrikan sibuk dengan OMR (One Make Race) masing-masing dan Suzuki sudah memiliki jenis type RC110 (Crystal) semenjak 1990.

Munculnya Sang Legenda Satria R 120:





Suzuki Satria R 120 ini muncul di Indonesia sekitar 2002. Motor ini awalnya berbasis bebek, tapi kekuatan motor sport. Tarikan dan suspensinya bagus. Biarpun berbasis bebek, satria memiliki beberapa fitur motor sport, seperti: persneling sport, kopling manual dll. Jadi Satria R 120 ini tak menjadi sejarah berawalnya Satria F. Karena secara basis dan body semuanya beda.

Sekarang mari kembali ke masa sekarang ketika Suzuki Satria FU 150 sedang laris manisnya bak sabun mandi :D Satria F 150 pertama muncul sekitar awal-awal 2005. Satria ini kembali menghidupkan nenek moyangnya yaitu sprinter RC100. Modelnya sama dengan sprinter, dibekali dengan mesin sport, 150cc menjadikan Satria F 150 sebagai bebek sport terkini. Satria F 150 ini bisa disebut sebagai Satria FU. Huruf "u" disini adalah "sang underbone". Satria F150 ini muncul sebagai 'bebek sakti" diantara bebek-bebek lainnya.

Lahirnya New Prototype=Hyper Underbone
Setelah diluncurkan Suzuki GSX-R600 pada pertengahan 2008, suzuki mengeluarkan satria F baru. Satria F 150 baru ini memiliki spesifikasi yg sama dengan satria tahun 2005. Orang-orang sering mengatakan bahwa Satria FU 150 ini adalah motoryang hebat dan fenomenal. Satria FU 150 ini tetap mencerminkan nenek moyang F yaitu Sprinter RC100. Satria FU 150 ini adalah versi kecilnya sang Suzuki GSX. Kalau tidak percaya silakan lihat fotonya dibahwah ini:







Selasa, 18 Desember 2012

modifikasi agar motor satria lebih kencang

Pada era modern sekarang ini  perkembangan teknologi semakin maju terutama di dalam teknologi transportasi.Jalan raya semakin padat terutama banyak anak sekolahan yang sudah menggunakan sepeda motor sebagai sarana transportasi sekolah.Didalam industri otomotif telah banyak mengeluarkan jenis sepeda motor yang modern  seperti suzuki sateria  fU yang pada saat ini paling banyak prosentase  penggunaanya adalah pelajar .

Dari hasil pengamatan banyak bengkel motor balap dalam melakukan modifikasi,menaikan performa pada mesin FU yang selalu mengandalkan penggantian sperpart dengan merek-merek terkenal dan harganya mahal .Berdasarkan penelitian,tentunya dengan menggunakan refrensi-refrensi dari mekanik yang telah berpengalaman dibidangnya tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak tetapi sudah bisa memodifikasi mesin menjadi lebih kencang.Buat para pelajar atau umum,berikut adalah trik atau cara menaikan perfroma mesin satria FU.

  1. Langkah pertama yang paling mudah ,dengan cara mengganti Spyer atau Pilot jet dengan ukuran 17.5,bisa memakai kitaco harganya 20 ribu.
  2. Ganti karburasi (berarti langkah nomor 1 tidak diperlukan ,diperlukan perlu) ,silahka memakai punya RX king (karena murah ,cocok lubang karet manifolnya dan bisa langsung ke intake manifold dan filter udara standar),spuyernya bisa diganti Pilot Jet UKURAN 20,Main jet ukuran 150,kemudian setelah udaranya 1,5 putaran berlawanan arah jarum jam(setiap motor bisa berbeda beda tergantung tergantung dari komposisi racikan mesin),posisikan klip jarum sekep pada ulir no 2 dari atas.Alternatif lain juga bisa memakai punya NSR SP yakni Keihin PE 28 harga barunya 700 ribu yang Thailand(Awas barang palsu china).Kalau mau ganti karbu,sebaiknya pasang kran mesin model kompresor buat gantikan aslinya yang model vakum agar aliran bensin lebih lancar.
  3. Lepas packing/perpak kepala silinder ,silahkan pakai satu lapis saja yang tengah,langkah ini berarti sudah menaikan rasio kompresi dari standarnya 10,2 menjadi sekitar 11,4.Langkah ini silahkan kebengkel saja ,misalnya sekalian pas servis besar .Kalau mau menaikan kompresinya lebih tinggi lagi,packing blok bawah bisa dilepas dan tidak usah memakai packing, cukup pake lem paking merek tribon saja(yang atas tetap pake packing),cara ini sudah dicoba terbukti piston tidak tabrakan dengan katup/klep ataupun ada kebocoran oli.
  4. Porting lubang in & out put (dibesarkan lubang isap buangnya memakai alat yang bernama tuner).Lubang ini  dan out masing-masing dibrsarin diameternya 1mm silahkan ke bengkel juga.Beberapa bengkel motor balap mematok harga 300 ribu hingga 500 ribu.Akan tetapi bengkel balap rumahan mematok harga sekitar 50 - 100 ribu tergantung dari kualitasnya.
  5. Memajukan gigi timing /gigi TOP 1 mata,ini berarti memajukan waktu buka tutup katup masuk dan buang.Kalau mau lebih advance (maju) lagi setinganya adalah katup masuknya dimajun 1 mata kemudian buangnya dimundurin 1 mata .Istilah teknisnya menyempitkan LSA-nya ( Lobe Sparation Angle) buat mengoptimalkan proses pembilasan diputaran tinggi hasilnya juga OK tetapi kerenggangan katup harus dibuat lebih sempit (menjadi in 0,07 mm dan out 0,1 mm)dari ukuran standarnya dengan cara merubah tebal shim-nya yang berada pada adjuster katub ( setelah katub otimatis).Jadi tidak perlu mengepres CamSaft (Noken As) lebih murah dan tidak terlalu EXTRIM.
  6. Melepas saringan udara (kalau sudah ganti karburator),yang dilepas hanya elmen saringan udara saja .Sedangkan boknya masih terpasang dan tersambng kekarburator .Kalau masih tetap mau mengandalkan karburator standar maka saringannya masih dapat dipakai/dipasang tetapi kertasnya dilubangi beberapa tempat,guntingin saja,sekitar 3 lubang ukuran 0,5 x 4cm (panjang x tinggi).
  7. Poyong kabel koil 2cm (untuk mengurangi resistesi kabel sekitar 10%),bisa dilakukan sendiri.Cara memasang kabelnya lagi harus benar-benar kuat ,caranya ditusukan dan diputarkan sampai ngedrat.
  8. Silahkan busi standar pabrik diganti busi iridium (yang agak murah memakai merek sindengen /SDG 35 ribu) ,hasilnya lumayan.Kalaumau tetap memakai busi standar juga tidak apa-apa,atur lagi celahnya menjadi 0,9- 1 mm.
  9. Mengganti knalpot free,saran yang murah dan cukup ampuh pakai bikinan By Pass(yang pelat pernis cuma 300 ribu).Tampilan jadi lebih sangar/keren  karena bahan knalpot dari pelat yang di pernis plus coklat-coklat kaya.
  10. Posisi AS roda pada penyetel kekencangan rantai diusahakan pada posisi sedepan mungkin,ka;au perlu silahkan potong 2 mata rantainya.Keuntungan yaitu,jarak poros roda depan belakang semakin pendek jadi motor lebih lincah bermanuver.
  11. Per kopling di ganjal kurang lebih 1 mm ,bisa memakai potongan per kopling (bisa pakai punya motor apa aja asal diameter sama,harga sekitar 15 ribuan),tetapi harus ditipisin pakai gerinda dulu biar tidak ketebalan .Setelah itu di ujung kabel kopling yang di atas bak mesin,diujungnya diberi per yang sering dipakai di rem tromol (hargan 5 ribuan) untuk mendorong tuas pengukit kopling agar kembalinya cepat.Hasilnya kopling menjadi dan motor langsungloncat begitu kopling dilepas.
  12. Ganti CDI dengan yang racing (645 ribu)