Rabu, 19 Desember 2012

Sejarah Lahirnya Satria


Sejarah Terbentuknya Suzuki Satria FU 150 apakah anda pecinta motor bebek sport? Selayaknya anda tahu cerita tentang asal usul motor bebek paling "Sakti" saat ini. Tak lain dan tak bukan ada lah Suzuki Satria FU 150. Mari kita walai sedikit tentang Suzuki Satria FU 150, bebek "sakti" ini adalah motor sport moped keluaran Suzuki. Satria FU 150 bisa dibilang motor paling laku di Indonesia saat ini. Lalu bagai mana kisah latar belakangnya diciptakannya sang Hyper Underbone ini?

Nenek moyangnya Suzuki Satria FU 150:





Suzuki RC100 merupakan generasi kedua Suzuki RC yang beredar di Indonesia dan basis awal terbentuknya Satria FU. Seiring dengan regenerasi yang dilakukan oleh Yamaha dengan mengeluarkan seri V100E (Yamaha Alfa), Suzuki pun merilis type RC100. Sesuai namanya, kapasitas motor dua tak ini adalah 100cc (atau 99cc tepatnya) dengan menggunakan basis mesinyang sama dengan RC80. Motor jenis RC100 ini mengawali era “perang dingin” antara Suzuki bebek dan Yamaha bebek di Sirkuit Balap Ancol.

Pada tahun 1988, Suzuki memproduksi RC100 Sprinter yang merupakan bebek bertipe ayam jago pertama di Indonesia. Perbaikan suspensi depan ni sangat mendongkrak karir Suzuki RC di dunia balap. Pada era itu Suzuki RC100 (Sprinter) mampu bersaing melawan Yamaha Alfa (berkapasitas 102cc), dan boleh dibilang hasil akhirnya adalah imbang.

Namun demikian, pada era pasar senggol (selepas Sirkuit Ancol ditutup pada tahun 1992) kedua motor tersebut jarang sekali bertemu di arena balap di Jakarta (mungkin hanya pada acara Road Race yang diselenggarakan oleh Santana). Hal tersebut diakibatkan karena tiap pabrikan sibuk dengan OMR (One Make Race) masing-masing dan Suzuki sudah memiliki jenis type RC110 (Crystal) semenjak 1990.

Munculnya Sang Legenda Satria R 120:





Suzuki Satria R 120 ini muncul di Indonesia sekitar 2002. Motor ini awalnya berbasis bebek, tapi kekuatan motor sport. Tarikan dan suspensinya bagus. Biarpun berbasis bebek, satria memiliki beberapa fitur motor sport, seperti: persneling sport, kopling manual dll. Jadi Satria R 120 ini tak menjadi sejarah berawalnya Satria F. Karena secara basis dan body semuanya beda.

Sekarang mari kembali ke masa sekarang ketika Suzuki Satria FU 150 sedang laris manisnya bak sabun mandi :D Satria F 150 pertama muncul sekitar awal-awal 2005. Satria ini kembali menghidupkan nenek moyangnya yaitu sprinter RC100. Modelnya sama dengan sprinter, dibekali dengan mesin sport, 150cc menjadikan Satria F 150 sebagai bebek sport terkini. Satria F 150 ini bisa disebut sebagai Satria FU. Huruf "u" disini adalah "sang underbone". Satria F150 ini muncul sebagai 'bebek sakti" diantara bebek-bebek lainnya.

Lahirnya New Prototype=Hyper Underbone
Setelah diluncurkan Suzuki GSX-R600 pada pertengahan 2008, suzuki mengeluarkan satria F baru. Satria F 150 baru ini memiliki spesifikasi yg sama dengan satria tahun 2005. Orang-orang sering mengatakan bahwa Satria FU 150 ini adalah motoryang hebat dan fenomenal. Satria FU 150 ini tetap mencerminkan nenek moyang F yaitu Sprinter RC100. Satria FU 150 ini adalah versi kecilnya sang Suzuki GSX. Kalau tidak percaya silakan lihat fotonya dibahwah ini:







3 komentar: